Pengertian Metode dan Alat Pendidikan Islam
Metode berasal
dari bahasa latin meta yang berarti melalui, dan hodos yang berarti jalan ke
atau cara ke. Dalam bahasa Arab metode disebut Thoriqah artinya jalan, cara,
sisem atau ketertiban dalam mengerjakan
sesuatu. Sedangkan menurut istilah ialah suatu atau cara yang mengatur suatu
cita-cita.
Sedangkan pendidikan Islam yaitu bimbingan secara sadar dan
pendidik (orang dewasa) kepada anak yang masih dalam proses pertumbuhanya
berdasarkan norma-norma yang islami agar berbentuk kepribadianya menjadi kepribadian
muslim.
Selanjutnya yang dimaksud motode pendidikan Islam di sini adalah
jalan, atau cara yang dapat ditempuh untuk menyampaikan bahan atau materi
pendidikan Islam kepada anak didik agar terwujud kepribadian muslim.
Alat pendidikan Islam yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan
untuk mencapai tujuan pendidikan Islam. Dengan demikian marka alat ini
mencangkup apa saja yang dapat digunakan termasuk di dalamnya metode pendidikan
Islam.
Metode dan alat pendidikan Islam yaitu cara dan segaa apa saja yang
dapat digunakan untuk menuntun atau membimbing anak dalam masa pertumbuhannya
agar kelak menjadi manusia berkepribadian muslim yang diridhai oleh Allah. Oleh
karena itu metode dan alat pendidikan ini harus searah dengar Al-Qur’an dan
As-Sunnah atau dengan kata lain tidak boleh bertentangan dengan Al-Qur’an dan
As-Sunnah.
Pentingnya Metode
dan Alat Pendidikan Islam
Metode dan alat
pendidikan Islam mempunyai peranan penting sebab merupakan jembatan yang
memhubungkan pendidikan dengan anak didik menuju ke tujuan pendidikan Islam yaitu terbentuknya
kepribadian muslim.
Berhasilnya atau tidaknya pendidikan Islam ini diperngaruhi oleh
seluruh faktor yang mendukung pelaksana pendidikan Islam ini. Apabila timbul
permasalahan di dalam pendidikan Islam, maka kita harus dapat
mengklasifikasikan masalah yang kita hadapi itu ke dalam faktor-faktor yang
ada. Apabila seluruh faktor telah dipandang batik terkecuali faktor metode alat
ini, maka kitra pun harus pandai memerinci dan mengklasifikasikan ke dalam
klasifikasi masalah metode pendidikan Islam yang lebih kecil dan terperinci
lagi. Mislanya dalam segi apa dan masalah metode dari/atau alat apa? Memang
masalah metode ini sangat penting, karena itulah Rasullah menganjurkan kepada
para pendidikan untuk bersikap tepat sesuai dengan kemampuan dan perkembangan
anak didik.
Rasulullah SAW.
Bersabda:
“Kami para Nabi, diperintahkan untuk menempatkan seseorang pada
posisinya, berbicara kepada mereka sesuai dengan kemampuan akalnya”.
Dari Hadits tersebut di atas dapat diambil kesimpulan bahwa
pendidikan dalam menyampaikan materi atau bahan pendidikan Islam kepada anak
didik harus benar-benar disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan anak didik.
Kita tidak boleh mementingkan materi atau bahan dengan mengorbankan anak didik.
Sebaliknya, kita harus mengusahakan dengan jalan menyusun materi tersebut
sedemikian rupa sesuai dengan taraf kemampuan anak, terapi dengan cara serta
gaya yang menarik.
Sumber :
Uhbiyati Nu Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Islam Pustaka Rizki Putra hal. 163
No comments:
Post a Comment